Dengan ketinggian 2565 mdpl yang merupakan puncak tertinggi di dataran tinggi Dieng, gunung prau kini telah di jadikan sebagai destinasi utama para wisatawan yang gemar dengan wisata alam terbuka, seperti trecking, hiking, camping atau yang sejenisnya, selain kita bisa menikmati keindahan alam di puncak gunung prau yang dihiasi dengan berbagai tanaman liar seperti bunga daisy yang terhampar luas di padang savananya akan menambah pesona alam yang luar biasa.

Selain keindahan alam di puncak gunung prau banyak sekali yang dapat anda nikmati di alam terbuka seperti deretan bukit-bukit kecil yang menghiasi padang savananya yang sering kali disebut dengan bukit teletubis, selain itu anda akan disuguhkan keanugerahan panorama yang spektakuler yaitu golden Sunrise prau.

Gunung prau yang secara administratif terbagi menjadi 4 ( empat ) wilayah kabupaten yang meliputi kabupaten Banjarnegara, wonosobo, kendal dan batang. Adapun jalur pendakian gunung prau bisa melalui jalur utara dan jalur selatan, bagi para wisatawan yang memilih jalur pendakian melalui jalur selatan bisa lewat patak banteng atau dataran tinggi Dieng, namun tidak ada salahnya bagi para pendaki pemula untuk bisa memilih jalur yang mudah dan tidak berbahaya yaitu melalui jalur dataran tinggi Dieng.

Bagi para wisatawan yang mau mencoba wisata alam puncak gunung prau bisa menggunakan jasa pemandu khusus atau porter yang akan membantu dan mendampingi dalam perjalanan menuju puncak gunung prau, dan tidak perlu khawatir bagi wisatawan yang memiliki berat badan lebih, karena berat badan lebih tidak akan membuat hambatan seseorang yang gemar beraktifitas di alam terbuka seperti tracking, hiking, camping atau yang lainnya dengan didampingi seorang pemandu/guide gunung prau yang bertanggung jawab.

Gunung Prau merupakan salah satu puncak tertinggi yang ada di Dieng. Selain Sunrise Sikunir yang terkenal akan cahaya keemasannya Gunung Prau juga menjadi tempat terindah menyaksikan matahari terbit. Dinamanakn Gunung Prau karena bentuk dari gunung ini seperti perahu terbalik jadi penduduk setempat menamakan gunung tersebut menjadi Gunung Prau.

Gunung Prau Dieng memiliki ketinggian 2.566 meter di atas permukaan laut. Saat ini banyak anak-anak muda melakukan pendakian di Gunung ini. Gunung Prau mulai tenar sejak tahun 2012 dan booming pada tahun 2013 silam. Banyak para pendaki kaula muda yang melakukan petualangan ke Gunung Prau. Tak hanya golden sunrise saja yang dapat disaksikan dari Puncak Gunung Prau. Jika cuaca sedang beruntung Dieng negeri di atas awan juga dapat anda saksikan di depan mata. Gumpalan awan menjadi seperti lautan luas dengan landscape gunung-gunung besar di Jawa Tengah seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing serta Gunung Merbabu.

Pemandangan alam lainnya yang dapat disaksikan di Gunung Prau ialah Bukit Teletubbies. Bukit Teletubbies memang sangat terkenal di kalangan petualang muda pecinta alam banyak orang yang terkagum-kagum dengan panorama alam yang ada di Puncak Gunung Prau. Perbukitan mungil tersebut juga dilapisi warna warni bunga daisy. Sehingga semakin membuat orang yang berkunjung merasa betah. Landscape alam Dieng seperti telaga, perkampungan dan juga pegunungan-pegunungan kecil di Dieng juga terlihat dengan jelas.

Untuk menempuh menuju puncak Gunung Prau Dieng memang tidaklah mudah. Anda harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 3-4 jam. Medannya agak terjal jadi membutuhkan fisik yang benar-benar fit dan sudah terbiasa dengan kegiatan mendaki. Ada 3 pos pendakian Gunung Prau yakni pos pendakian dari Desa Patak Banteng, pos pendakian dari Desa Kalilembu dan pos pendakian dari Desa Dieng.

Baca juga obyek wisata lainya :
Sunrise Sikunir
Telaga Warna Dieng
Candi Dieng
Kawah Sikidang
Dieng Plateau Theater
Museum Kailasa
Telaga Menjer
Gunung Prau Dieng
Kawah Sileri Dieng
Sumur Jalatunda
Telaga Merdada
Batu Pandang
Bukit Sidengkeng Dieng
Telaga Cebong