Museum Kailasa terletak di Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah, Indonesia. Terdiri dari dua bangunan dan meliputi area seluas 560 meter persegi. Museum ini menyimpan informasi penting tentang Dataran Tinggi Dieng, termasuk sejarahnya, kehidupan masyarakat setempat, keanekaragaman budaya, dan kepercayaan masyarakat Dieng. Juga menampilkan berbagai karya seni dan artefak budaya, serta ruang untuk menonton film yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Dieng.

Museum Kailasa Dieng yang terletak di Dieng Kulon, Jawa Tengah, merupakan museum yang memamerkan koleksi patung dan artefak budaya Hindu. Museum ini terdiri dari empat bangunan utama dan menampilkan benda-benda cagar budaya, artefak, dan film tentang Dieng. Beberapa artefak tersebut antara lain arca pembawa Siwa, Nandi si banteng, gambar Siwa tanpa kepala, dan gargoyle animisme. Museum ini juga memberikan informasi tentang sejarah letusan Gunung Prahu Tua dan sumber batu andesit yang digunakan untuk pembangunan candi. Bangunan pertama museum menampung benda-benda yang dulunya merupakan bagian dari candi-candi di sekitar Dataran Tinggi Dieng, sedangkan bangunan kedua berisi koleksi artefak yang lebih beragam. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 16:00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang

Museum Kailasa Dieng merupakan pusat wisata edukasi dan pusat pembelajaran benda-benda purbakala seperi arca, prasasti dan peninggalan-peninggalan kuno lainnya di Dieng. Museum kailasa terletak disebelah utara candi Gatotkaca, tempat ini menjadi tujuan wisata populer untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, sembari berwisata para pelajar dapat menambah pengetahuan ditempat ini. Selain benda-benda purbakala Museum Kailasa menyimpan benda-benda antik, seperti alat-alat pertanian dan berbagai pameran perabot yang biasa digunakan oleh penduduk Dieng dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga obyek wisata lainya :
Sunrise Sikunir
Telaga Warna Dieng
Candi Dieng
Kawah Sikidang
Dieng Plateau Theater
Museum Kailasa
Telaga Menjer
Gunung Prau Dieng
Kawah Sileri Dieng
Sumur Jalatunda
Telaga Merdada
Batu Pandang
Bukit Sidengkeng Dieng
Telaga Cebong