Banyak sekali media cetak maupun online yang sudah membahas tentang Telaga Warna Dieng, disini kami haya menambahkan sedikit tentang spot terbaik untuk melihat keindahan Telaga Warna. Selain dari Batu Pandang dan Bukit Sidengkeng, kita dapat mengelilingi telaga ini dan menemukan banyak sekali tempat menarik. Dari gapura tiket masuk, berjalanlah kearah selatan dengan menyusuri jalan setapak, ketika berada di tikungan pertama lurus turus (menuju arah jalan Telaga Pengilon). Dijalur ini jalanya masih berupa tanah dan masih banyak rumput, namun jangan khawatir ikuti jalan tersebut sampai kita benar-benar berada di ujung telaga. Sekitar 20 menit kemudian, Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa dengan suasana tenang dan nyanyian burung yang menentramkan.

Telaga Warna Dieng merupakan tempat wisata favorit bagi Bangsa Belanda, sejak ratusan tahun yang lalu sudah banyak Bangsa Belanda yang mengunjungi telaga ini, hal ini dibuktikan banyak ditemukan dokumentasi jadul sekitar tahun 1900an.

Hal yang paling sering ditanyakan wisatawan adalah, kapan saat terbaik untuk mengunjungi Telaga Warna Dieng ? Anda dapat menikmati pemandangan secara sempurna saat pagi hari sekitar jam 08.00-10.00 dimana posisi matahari berada di timur telaga, dari pancaran cahaya inilah timbul warna warni air telaga yang dipengaruhi oleh kandungan sulfur dari dalam telaga.

telaga warna dieng

Di antara telaga warna dan telaga pengilon tersimpan tempat yang di sakralkan oleh masyarakat dieng dimana terdapat goa-goa alam yang di namakan taman pertapaan mandalasari, yang sampai saat ini masih aktif untuk meditasi atau bertapa. adapun nama-nama goa di taman wisata ini adalah sebagai berikut:

Goa Semar.
Goa Semar ini seringkali dijuluki sebagai goa sang pamomong. Disebut demikian bukanlah tanpa alasan.
Goa Sumur.
Di goa ini terdapat mata air suci yang di sebut tirta prawitasari. mata air ini untuk bersuci sebelum meditasi di goa semar.
Goa Jaran.
Keberadaan goa ini memiliki fungsi yang sama seperti goa semar yaitu untuk bermeditasi atau bertapa namun berbeda tujuanya.

Taman wisata alam telaga Warna, telaga pengilon Dieng adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Di taman wisata alam ini ada dua danau dalam satu cekungan yakni telaga warna dan telaga pengilon, wisata yang di kelola oleh balai konservasi sumber daya alam atau BKSDA ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang berkunjung ke dataran tinggi dieng. Belum lengkap rasanya kalau anda yang berkunjung ke dieng belum ke tempat ini, Di tempat ini anda akan di suguhkan dengan pemandangan rimbun pepohonan dan juga udara sejuk khas pegunungan dataran tinggi dieng.

Baca juga obyek wisata lainya :
Sunrise Sikunir
Telaga Warna Dieng
Candi Dieng
Kawah Sikidang
Dieng Plateau Theater
Museum Kailasa
Telaga Menjer
Gunung Prau Dieng
Kawah Sileri Dieng
Sumur Jalatunda
Telaga Merdada
Batu Pandang
Bukit Sidengkeng Dieng
Telaga Cebong